Posts

Showing posts from February, 2010

Ke-39 : Ritual pagi

Image
Kamis, 25 Februari 2010

Pagi agaiiin!!! Harap ku smoga hari ini menjadi hari yang terbaik untuk ku dan kita semua.. amiiin.
Ritual pagi, adalah hal yang paling aku sukai, sambil aku sarapan tak ketinggalan aku berfacebookan ria dan blogger an , hal yang sangat menyenangkan. hari ini menu ku nasi goreng +wedang jahe hangat, so delicious!!! hahahaha.
Tadi baru saja faskel teknik ku sms minta ditemeni melihat jembatan yang hanyut gara-gara hujan lebat seharian kemarin, jadi dinas pagi nih, jam 08.00 wib. So.. Semua nya, pokoke Semangat Always!!! Merdeka!!!!!!!

Ke-38 : Alhamdulillah

Image
Rabu, 24 Februari 2010

Wuiih... Deras bener hujan sore ini, banyak jalanan di kota Curup yang tergenang, karena air di siring tidak berdaya lagi menahan luapan air hujan yang begitu lebat. Dengan si Hitam yang selalu menemaniku, aku berjalan pelan mengikuti mobil yang ada di depanku, lumayan menguntungkan air yang tergenang sudah terpecah oleh lintasan ban mobil, hmmmm....
Perjalanan ku hari ini masih seputar 9 desa dampinganku (hehehe mau ke mana lagi sih?) Dari pagi rame sekali masyarakat yang datang ke Basecamp. Pasien pertama ku adalah KSM Pelatihan Menjahit Kelurahan Sidorejo, Mbak Nur dan Mbak Puji datang untuk menanyakan tentang bagaimana lagi posedur pembuatan proposal dan hal-hal lain yang berkenaan perencanaan kegiatan menjahit ini. Setelah itu, lumayan aku bisa bersenggang gurau dengan teman-teman faskel ku yang ada di basecamp. Kangen juga, padahal hanya kemarin aku tidak ke basecamp. Tak lama kemudian, datang anggota KSM Indonesia 2 Kelurahan Kepala Siring, Hmmm.. dampingan…

Ke-37 : Mimpi

Image
Rabu, 24 Februari 2010
Semalam, aku ke suatu tempat yang sangat terpencil, jauh dari akses masyarakat. Hmmm... lucunya tetap ada mbak dewi menemaniku. Tempat itu jauh sekali masuk ke hutan, melewati jalan setapak yang bener-bener jauh. Mungkin banyak yang tidak akan menyangka kalau disana ada kehidupan. Memang setelah diselidiki, penduduknya hanya terdiri dari kurang lebih sepuluh rumah, dan mereka semua masih ada hubungan keluarga. tak disangka wuiiih... kita pulangnya kemalaman, seraaam benerr!!! gelap dan membuat merinding, tapi untung aku cepat terbangun.. hahahahahahahaha

Ke-36 : Al-Quran & Komputer

Image
Selasa, 23 Feruari 2010 Membaca buku "Be a Good Muslimah, panduan menjadi wanita salihah" karangan Syaikh Sa'ad Yusuf, aku jadi tergelitik untuk membuat posting ini di blog, hmmm... disana pada halaman 322 ada kutipan sebagai berikut:
"......Orang tua juga seyogyanya mengajarkan anaknya ilmu yang bermanfaat, dan dapat membantunya keluar dari kesulitan hidup. Dalam hal ini, penulis kagum kepada Syaikh Muhammad Mutawalli Sya'rawi saat berwasiat kepada orang-orang sekelilingnya di detik-detik terakhir dam kehidupannya. Wasiat beliau, " Ajarkan anak-anakmu Al-Quran dan komputer."
Jadi berpikir, masuk akal juga sih, Al-Quran sebagai tuntunan hidup, yang menjadi pedoman dalam mengarungi biduk di lautan dunia yang fana ini, dan komputer sebagi alat untuk mengikuti perkembangan jaman yang hampir mencapai taraf moderenisasi ini. Tapi, bagaimana menurut anda?

Ke-35 : Pagi

Image
Selasa, 23 Feruari 2010
Alhamdulillah.. hari yang cerah, semoga mimpi buruk semalam tidak terulang lagi... trims ya Sak my brother, U always want to heard me........

Ke-34: CRY-LOSER

Senin, 22 Februari 2010 CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY CRY LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER LOSER

Ke-33 : I'm Sorry

Image
Senin, 22 Februari 2010
Oh God, my sista merajuk... gara-gara aku ga baca smsnya semalam, ketiduran... Paginya aku liat, banya sms yang masuk. Hmmm.. kasihan juga dia sendiri di sana, tapi beneran, aku ga jago bahasa English, bingung juga klo mau bantu tapi aku gak bisa bantu.....
Oh, My sista... dont angry with me, i'm sorry......

Ke-32 : Di korkot

Image
Minggu, 21 Februari 2010 Fase percepatan pencairan BLM tahun anggaran 2009 yang harus selesai sampai akhir Maret 2010, bener-bener buat kita kerja ekstra. Hmmm.. ga sengaja kita semua ketemu di korkot. Ada yang sibuk verifikasi propsal, ada yang sibuk buat laporan, dan tak ketinggalan untuk mengabadikan momen itu klik!!! kamera ku mulai bekerja...

Tim Teknik antri verifikasi proposal kegiatan lingkungan
Tim Ekonomi mumet dengan aplikasi yang baru

Aku dan 2 senior

eiitss... mumun ikut juga

Nah, ini yang bagus... gaya muun, hahahahaha

sepeti biasa, tak ketinggalan foto bareeeng....


Ke- 31 : Bukan Cinta Manusia Biasa

Image
Minggu, 21 Februari 2010


Ku tetap mencintaimu, meski kau tak cinta aku
Ku tetap merindukan, meski kau tak pernah merasa sedikit pun untuk merindukan aku

Cinta ku ini bukan cinta milik manusia biasa
Cinta ku ini cinta sejati yang paling sejati (dewa19)

Ke-30 : Buah Kerja Keras

Image
Sabtu, 20 Februari 2010 Kegiatan Santunan untuk kaum jompo ini telah dilakukan pada bulan Januari kemarin. Inilah buah dari kerja keras KSM Setia Kawan-Kelurahan Sidorejo. Santunan ini merupaka hasil usaha bagi hasil kegiatan Sosial Usaha Pembuatan Kerupuk dan Makanan Kecil yang berpagu dana Lima Juta Rupiah. Hmmm.... Baru kali ini aku dapat menghadiri acara santunan yang merupaka santunan yang ke-3 , Subhanallah, Alhamdulillah ya Allah, ada juga hasil dari usaha kami selama ini.
Kata Sambutan Dari Koordinator BKM Raflesia-Kelurahan Sidorejo Bpk. Rahmandani, S.Sos
Langsung saja, acara santunan dilakukan secara simbolis oleh Koordinator BKM

Selanjutnya penyerahan santunan dilakukan oleh Bunda Sumarsih selaku UPS

Yunda Atikah sebagai Ketua KSM Setia Kawan Juga ikut ambil bagian dalam penyerahan santunan

Terakhir, Foto Bersama, Klik!



Ke-29 : Untuk Fasilitator

Image
Sabtu, 20 Februari 2010
Alhamdulillah rampung juga aku baca novel "serenade 2 cinta" ini. Great! ceritanya bagus sekali, menggambarkan kehidupan seoran fasilitator di desa Riung-Flores. Hmm.. ada cuplikkan yang menarik dari novel ini, semoga dapat menjadikan semangat bagi semua fasilitator:
......Tuhan telah memilih anda menjadi bagian dari program ini. Bukan sebuah kebetulan, jika diantara ratusan juta penduduk Indonesia, Anda yang "diutus" untuk menjadi jembatan bagi masyarakat desa untuk meraih impiannya.
"Anda telah dibekali dengan berbagai kelebihan, pendidikan yang baik, pengetahuan yang luas, kemampuan untuk berkomunikasi, yang terpenting adalah telah "dibukakan hati" untuk menerima amanah ini. Mungkin ada diantara anda yang awalnya menerima pekerjaan ini bukan karena panggilan hati, sekadar untuk memperoleh penghasilan, atau daripada tidak mendapatkan pekerjaan sama sekali. Namun sekarang, kita semua disini. Mari kita tanya lagi kehati nurani, s…

Ke-28 : Ilmu Kopi

Image
Jum'at, 19 Februari 2010

Hmmm.. pagi ini aku teringat waktu Pelatihan Dasar dulu, Teringat dengan Pak Inu, kemana ya??? woww barusan BKM kepala Siring Yunda Masda telepon masalah pencairan, huh.. ada-ada saja ulah mayarakat ini.
Kita balik lagi ke yang tadi yaa...
Dulu aku teringat sekali materi yang disampaikan pak inu tentang "ilmu Kopi". eitttss... bukan kita mau berkebun kopi atau yang lainnya ya, tapi ilmu kopi ini hanya kiasan.. hehehe
Dalam menjadi seorang fasilitator, ada 3 kemungkinan yang akan terjadi pada seorang fasilitator ketika melakukan pendampingan di masyarakat:
Menjadi wortel, di ibaratkan masyarakat itu adalah air yang direbus, bila wortel masuk ke air yang direbus otomatis semakin lama, wortel akan semakin lembut. Menjadi telur, bila telur direbus, dari yang tadinya cair/lembut akan menjadi keras Menjadi kopi, bila kopi masuk ke air rebusan, maka kopi itu akan larut, tanpa meninggalkan rasanya dan menorehkan warna.
So.... dalam menjadi fasilitator, kita d…

Ke-27 : Dingin..............

Image
Kamis, 18 Februari 2010
Brerrrrrr..... dingiiiin nya!!!!!! Akhirnya aku sampe lagi di kost-an. Alhamdulillah pertemuan di desa duku ilir cepat selesai. Hmmm... pukul 22:30 wib. Dari Sore tadi hujan terus mengguyur kota curup ini. Malam ini kita terbagi 2 jadwal, Yuli dan Bowo ke Kelurahan Talang Ulu, Aku dan Babe ke Desa Duku Ilir.
Ya Allah... padahal aku sudah berselimut di depan laptopku ini, tapi masih dingiiiiiin!! besok pagi jam 09.00 wib ada janji lagi ke Desa Duku Ilir untuk persiapan memulai kegiatan tahap-2. Bangun pagi nih... hehehe
Diperjalanan pulang, aku berpisah dengan babe di bundaran Tebing Benteng, dengan dguyur hujan, aku hanya bisa bernyanyi-nyanyi kecil untuk menghilangkan rasa dingin dan sepi ku pulang sendirian. Diperjalanan aku teringat terus perkataan sahabat ku, kalau pekerjaan ku ini tidak baik untuk perempuan, apakah benar?? Tapi aku berpikir, kalau setiap orang berpikir seperti itu, kapan lagi kemauan/kebutuhan perempuan bisa diketahui, bila tidak ada partisi…

Ke-26 : On The Spot

Image
Kamis, 18 Februari 2010
Hmmm... seperti biasa aku masih lupa dengan lampu ku yang putus, siapa ya yang kira-kira bisa bantu aku? Ahhh... lelah sekali hari ini, macam-macam saja kejadian yang aku alami hari ini, mulai dari pagi, ada orang desa yang datang ke basecamp, sebetulnya yunda itu bukan dari desa dampinganku tapi kenapa dia sibuk sekali ikut campur di desa ini. Memang macam-macam saja kelakuan orang desa, tapi hari ini buat aku jadi down juga.
Demi Allah, aku tidak pernah berpikir dan akan melakukan keburukkan untuk desa dampinganku, sungguh aku ikhlas dan ingin bersama-sama masyarakat membangun desa, dan yang pasti sesuai dengan judul program penanggulangi kemiskinan. Tapi apa yang aku dapat hari ini, aku menerima sms kaleng (lebih canggih sedikit dari surat kaleng) yang protes dan mencela ku, tapi wktu aku balas ini siapa malah dijawab aku ga perlu tahu... sayang sekali yaaa... kalau menurutku, PENGECUT BANGET! Coba dia kasih tahu identitasnya, kan bisa kita tindak lanjuti, da…

Ke-25 : Si Hitam

Image
Kamis, 18 Februari 2010
Dia selalu menemaniku kemana pun aku pergi, dia diibaratkan kaki ku ketika aku berjalan-jalan ke desa. Banyak kenangan bersamanya, ketika aku jatuh di Bukit Kaba, Jiarah, dan jatuh di depan Basecamp.... Hmmm... Dia lah si hitam....





Ke-24 : Uang

Rabu, 17 Februari 2010 Ya Allah, malam ini aku nangis lagi setelah chat dengan sahabatku. Padahal selalu bertemu, tapi seperti tidak saling kenal, dan sekarang aku hanya bisa ngobrol melalui chat... menyedihkan sekali. Aaah.... Aku benci keadaan sekarang!!!! Sekarang aku teringat dengan pekerjaanku, apakah aku yang sok idealis???? tapi kenapa hatiku tidak bisa menerima keadaan ini, kenapa sekarang aku tidak bisa menikmati lagi pekerjaanku? Lingkaran setan??? Benarkah?? Ya Allah, aku merasa berdosa dengan apa yang telah aku lakukan dimasyarakat. Dimanakah proses pemberdayaan dan pembelajaran untuk masyarakat? kenapa semua sekarang disibukkan oleh BLM? Kenapa BLM sekarang tempatnya sudah bagaikan dewa?? Apakah aku yang aneh sendiri, kenapa aku lihat semuanya bisa menerima? Apakah pembelajaran yang didapat masyarakat dari proses percepatan ini selain daripada uang???? UANG UANG UANG!!!!!!!!! yang terjadi sekarang hanya UANG!!!! UANG!!! UANG!!!

Ke-23 : Lewat Semesta

Rabu, 17 Februari 2010 Upps.. bukan bermaksud untuk ikut mempromosikan lagu Randy ini, tapi inilah yang aku rasakan sekarang. Kalau hati yang sudah berbicara, maka hal yang mustahil, aneh, bodoh, dan segalanya akan bercampur menjadi satu. Teringat kata temanku, yang mengatakan "suatu kebodohan mencintai orang yang tidak mencintai". Hmmm... menurut logika itu benar, tapi bagaimana bila perasaaan yang berbicara ???? aku paling tidak suka bila dalam mencintai, harus ada "take and give", karena menurutku, mencitai itu tidak membutuhkan imbalan. Mencintai tidak harus dicintai.... Lewat Semesta Randy Pangalila satu kata bertulis cinta
telah merasuki
tak urung cinta tersentuh
hanya ku rasa

dan jika wujud yang menjelma
pada sebentuk hati
bukankah itu amanah
dari yang kuasa

menjaganya, menjaganya

reff:
wahai insan yang di sana
mungkin saja ini kau dengar
melewati semesta ini
aku sampaikan

begitu ingin berbagi batin
mendengarkan asa di jiwa
oh tuhan pertemukan aku
sebelum hatinya …

Ke-22 : Lampu

Image
Rabu, 17 Februari 2010

Huaaaaaaah... ga bisa juga!!!!, hmmmm.. inilah ga enaknya tinggal ngekost sendiri :( . Dari kemarin lusa, lampu ruang tamu kost ku putus, kemarin lupa beli lampunya, tadi sore waktu teringat, langsung aku ke warung untuk beli lampu. Tadinya, aku pikir aku bisa mengganti lampu sendiri, dengan menaiki "si hitam" motor kesayangan yang selalu menemaniku ke desa-desa. Tapi ternyata tidak berhasil.... karena ga nyampe, maklumlah kurang tinggi badan.. hahahahahaha

Coba kayak dulu ada Mumun, pasti ga akan ada kejadian seperti sekarang, tapi ya time must go on... besoklah aku coba cari teman yang ga sibuk di bascamp yang bisa bantu aku tuk ganti lampu. Ternyata aku sangat sulit melupakan kenangan-kenangan indah nya persahabatan yang terbangun dari program PNPM ini, walau pun sekarang ini sahabat yang tertinggal hanya sedikit.

I Love Curup!!! I Love Sahabat-sahabatku!!! andai aku bisa selamanya di kota kecil yang sejuk dan damai ini......

Ke-21 : It's My Time's !!!!!

Image
Rabu, 17 Februari 2010
Subhanallah, sudah pagi lagi. Ternyata aku ketiduran waktu upload posting foto-foto peldas BKM, hahahahaha. Kasihan sekali laptop dan tv ku yang terus nyala eh orangnya sudah tidur.
Hmmm... hal ini sudah sering terjadi, ya beginilah... kalau kata orang itu hidup menjadi fasilitator itu buat tidak teratur, siang-malam kadang jadi terbalik. Dan boleh ditanya ke banyak fasilitator berapa jam mereka tidur, kebanyakan pasti menjawab paling banyak 5 Jam dan paling sedikit, cari tahu sendiri aah... Dari 24 jam dalam sehari, aku paling menyukai waktu setelah sholat Subuh sampai pagi lah... karena inilah waktuku , waktu yang benar-benar untukku, tidak ada yang memgganggu, aku bisa melakukan apa yang aku inginkan, mau tidur lagi, bermalas-malasan, beres-beres kost-an, browsing dan internetan, dan asiknya klo jam-jam seperti ini jaringan internet tidak lemot.. hmmmmm.. sangat menyenangkan.
Jadi, kesimpulannya AKU SUKA WAKTU PAGI, IT'S MY TIME'S!!!!!!!!!

Ke-20 : Pelatihan Dasar Bagi BKM Periode 2009/2011

Image
Rabu, 17 Februari 2010

Banyak cerita yang terjadi di balik Pelatihan Dasar Bagi BKM baru ini, kadang hati terenyuh ketika ada seremoni dari BKM lama yang terpilih kembali, Cerita suka-duka selama menjadi BKM, dan yang pasti RKTL BKM selanjutnya....
Kelurahan Talang Ulu - Curup Timur Kelurahan Talang Ulu - Curup Timur Desa Dulu Ulu - Curup Timur

Desa Duku Ulu Curup Timur

Desa Duku Ilir - Curup Timur

Desa Duku Ilir - Curup Timur

Kelurahan Kepala Siring - Curup Tengah

Kelurahan Kepala Siring - Curup Tengah

Kelurahan Sidorejo - Curup Tengah

Kelurahan Sidorejo - Curup Tengah

Desa Air Merah - Curup Tengah

Desa air Merah - Curup Tengah

Kelurahan Air Bang - Curup Tengah

Kelurahan Air Bang - Curup Tengah

Kelurahan Kampung Jawa - Curup Tengah

Kelurahan Kampung Jawa - Curup Tengah

Desa Air Meles Bawah - Curup Timur

Desa Air Meles Bawah - Curup Timur


Ke-19 : Seni Menjadi Fasilitator

Image
Selasa, 16 Februari 2010
Wuiih.... hari ini aku mendapat pelajaran hidup lagi. Memang menghadapi masyarakat banyak berbeda-beda cara nya, dan hmmmm... yang pasti yang dihadapi juga berbeda-beda.
Senang sekali rasanya, aku dapat pelajaran berharga dari yang orang lain alami, dan yang pasti kata kuncinya, berpikirlah positif, lepaskan ego, dan mari bersama membangun desa... hahahahaha, ketemu lagi motto baru. Kadangkala, dan sebenarnya semua bermaksud baik, bisa aku contohkan seperti permasalahan yang ada di desa Duku Ulu. Tapi, dibilang masalah sebetulnya juga tidak, karena sebetulnya hanya hal putus komunikasi dalam kata lain, ga nyambuuung gituu loh.... UPS bermaksud baik, ia ingin sesuai dengan jalur koordinasi yang sesungguhnya, yaitu : proposal di buat oleh KSM -> diverifikasi UPS -> baru kemudian diverifikasi di tingkat BKM. BKM juga benar, BKM ingin langsung membantu KSM dalam perencanaan proposal dan bukan berarti mau mencampuri KSM.
Aaaah.. kalau boleh egois, ingin rasanya…

Ke-18 : Posting Tanpa Tema

Image
Senin, 15 Februari 2010
Brerrrrr.... nyampe juga ke kost-an, Alhamdulillah selesai juga pencairan dana BLM tahap-1 lingkungan yang ke 60%. Walau tadi ada riak-riak kecil pada saat diskusi tentang progres pekerjaan dilapangan dengan KSM, tapi alhamdulillah semuanya dapat berjalan lancar. Mantaflah pokoknya :D
Memang asik bekerja di masyarakat, walau kadang sering menangis dibuatnya, tapi ternyata memberikan kita khususnya aku, banyak sekali pelajaran hidup. Dan yang pasti, tak henti-hentinya aku memanjatkan syukur alhamdulillah, atas segala nikmat yang telah Allah berikan kepadaku.
Setelah menjadi Fasilitator ini, aku banyak mengalami dan melihat serta bersentuhan langsung dengan getirnya kehidupan di masyarakat, khususnya untuk golongan menengah ke bawah. Dan PNPM-P2KP banyak memberikan ku pengalaman, ternyata banyak sekali kemiskinan yang dialami oleh masyarakat di perkotaan. Kemiskinan ini tidak hanya terlihat dari materil, tapi juga moril. Dengan berkembangnya struktur masyarakat dar…

Ke-17 : Di Pantai Panjang - Bengkulu

Image
Senin, 15 Februari 2010
Kemarin, Seperti biasa kalau orang gunung turun gunung, pasti kita ga pernah melewati jalan-jalan ke pantai. Setelah acara Popon, dan yang pasti sudah kelar sholat Zuhur, kita langsung menuju pantai menemui teman-teman yang sudah terlebih dahulu ke sana, hmmmmm.... Seperti biasa Atik tidak mau foto.... dan kak Dedi kok fotonya pada ga siap.. hahahahaSedikit pemaksaan nih..... Ketika pak Umar membeli ikan, kita Foto bareng dulu aaah....Narsis... sampe rumah foto-foto dulu, hmmm.. lumayan juga baju buatan Rina ini, bener2 memanfaatkan yang tidak terpakai... heheheMasuk dulu yaaa... bubaaaay.....